Senin, 19 November 2012

5 CM is Awesome Story


Bagi mereka yang dekat sama gw, sudah pasti tahu salah satu hobby gw adalah membaca. Gw suka apa aja, dari mulai koran, majalah, novel, komik, dan (mungkin) buku pelajaran :D

5 CM adalah salah satu bacaan favorit gw. 5 CM adalah novel yang gw tau dari teman sefakultas gw, d akhir tahun 2007. Saat pertama kali lihat novel 5CM dari covernya yang berwarna hitam, gw menebak ini pasti novel trhiller. Tapi tebakan gw ternyata salah. Dari proses pengkaderan tahap kedua di Fakultas gw, dimana saat itu setiap kelompok yang mengikuti pengkaderan diharuskan mereview satu judul buku, akhirnya gw tau 5 CM adalah novel tentang persahabatan. 

12 Januari 2008 gw berterima kasih banget karena seseorang yang saat itu masih menjadi pacar gw menghadiahkan novel 5 CM di hari ulangtahun gw. Ga perlu waktu yang lama buat gw menyelesaikan novel tersebut. Karena saat itu gw dalam suasana libur kuliah semester awal. 

5 CM bikin gw takjub. Isinya dalam banget, kayak ahli filsafat, lot of quotation, billions of motivation, and also friendship never ending. 

Ada banyak semangat yang bisa didapatkan dari novel ini. Untuk mereka yang bekerja bisa meniru gaya kerja Genta dengan teamwork EOnya. Untuk mahasiswa tingkat akhir, bab dimana Ian berusaha menyelesaikan skripsinya bisa jadi inspirasi. Selanjutnya bab yang mengharukan saat  5 Ranger  + Arinda mendaki dan menemukan surat yang ditulis Deniek untuk Adrian. Isi suratnya sedih dan dalam banget. Surat yang menggambarkan sebuah ikatan sahabat layaknya saudara kandung. Di bab-bab akhir mas @donny5cm juga memberikan kejutan tak terduga. Reaksi gw sedikit kaget, ko si Riani demennya ma Zafran. Dan Arinda demennya ma si Genta.

Baca novel ini juga, pasti nasionalisme juga ikut-ikutan di trigger. Sebobrok-bobroknya negeri ini, sehina-hinanya negeri ini di mata dunia luar, kita mandi, minum dari air tanah bumi pertiwi kita sendiri, INDONESIA. Lahir dan besar di INDONESIA. Makan-makanan asli INDONESIA. Sebobrok-bobroknya negeri ini, seharusnya kita tetep cinta ma negeri ini, negeri INDONESIA. Gw bisa bayangin nyanyi lagu INDONESIA RAYA di gunung bisa bikin nangis, gemeteran waktu baca novel ini. Jadi kebangetan klo cuma “biasa-biasa” aja baca novel ini di bab-bab mau selesai yang nyeritain negeri kita, Indonesia, dan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

Secara keseluruhan, isi ceritanya bagus, top, inspiratif, bikin semangat, bikin malu sendiri, bikin senyum-senyum sendiri, dan bikin terkesan. Cocok buat mereka yang lagi kurang semangat buat skripsi, buat bekerja, yang lagi antipati dengan  negerinya sendiri, dan yang lagi kekurangan inspirasi.

Terakhir , setelah kembali membaca buku ini dan menyaksikan triler film 5 cm yang akan segera tayang gw jadi kangen naik gunung. Terakhir naik gunung tahun 2009. Naik gunung Bawakaraeng emang ga setinggi Mahameru, tapi gw  bisa rasain cerita di novel ini. Gimana waktu pertama kali gw mau mendaki  hampir ga jadi berangkat gara-gara ga dapat ijin bapak. Tapi akhirnya jadi berangkat dengan syarat om gw ngikut sampai pos bayangan. Dari pos bayangan pendakian gw dimulai dengan teman-teman kakak sepupu gw. Carrier seberat 20 kilo di pundak, pake senter di tangan, baju tebal 2 lapis karena gw kurus, MP4 dengan lagu Sheila On 7  yang selalu nemenin. Nempuh jalan setapak  sambil ngos-ngosan yang di samping kiri atau kanannya ada jurang. Lewat hutan pinus. Ngerayap klo jalan setapak ga bisa dilalui sambil berdiri. Air yang merembes dari tanah-tanah. Menanti matahari terbit. Terharu karena bisa sukses sampai puncak.

Arghhhhhhhhhhhhhh gw kangen sekangen-kangennya naik gunung. Arghhhhhhhhhhhh gw juga ga sabar menanti penayangan film 5 CM di bioskop 12-12-12 nanti :D

Benar-benar akhir nih, here they go, Quote yang  tentunya bisa diambil dan jadi semangat, inspirasi buat para pembaca. 
 
"yang lo mau, lo kejar aja,…. Taruh di kepala lo terus, jangan sampe lepas"

"ga ada yang pasti, satu-satunya yang pasti di dunia ini adalah ketidakpastian".

"Yang bisa dilakukan seorang yang bernama makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya".

“yang penting kita jangan pernah ngomongin kejelekan orang kalo orangnnya nggak ada kita nggak akan bantu dia soalnya dia nggak ada disitu, dan emang kalo ada kejelekan orang langsung bilang aja ke orangnya… dengan itu kita bantu dia mengerti akan dirinya…”
 
"Sang pencipta tidak pernah memberikan apa yang manusia pinta, seperti cinta. Ia memberi apa yang manusia butuhkan".

"Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bisa memberikan manfaatnya bagi orang lain".
 
"Biarkan segala keinginan, mimpi, cita-cita, dan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu, dan sehabis itu yang kamu perlu cuma….. Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa".



2 komentar: