Minggu, 16 Desember 2012

5 CM is a AWESOME movie


121212 adalah hari dimana premier @5cmthemovie cm di tayangkan dibioskop seluruh Indonesia. Gw yang  memang ngebet banget nonton film ini after baca novelnya dan sempat gw buatin reviewnya di blog ini 5 CM is Awesome Story mulai hunting teman nonton dari jauh-jauh hari. Banyak yang minat, tapi mereka ga mau nonton di hari-hari awal pemutaran karena sudah dapat dipastikan film yang gw pantengin dari 5  tahun lalu ini pasti menyedot banyak penonton. 

Hari H (121212) gw udah dapat teman nonton namanya kak echy dia salah satu kakak yang gw kenal dari komunitas Sheiilagankmakassar. Begitu  gw sampai di Panakkukang 21 untuk ngantri, ternyata antriannya sudah ngalahin antrian sembako hahaha. Kejutan lain tiket pertunjukan hingga jam 10 malam sudah sold out, akhirnya ga jadi deh nonton hari H. Gw takjub dengan panjangnya antrian penonton. Sudah lama banget gw ga pernah ngelihat antrian manusia segitu banyaknya demi film Indonesia. 

Besoknya berkat kak @desycitrayu yang rela ngantri demi @sg_mks07gw berhasil dapat tiket pertunjukan malam dengan tempat duduk paling depan karena ternyata antrian panjang masih berlanjut di hari ke 2 pemutaran 5 CM. Gw bener-bener puas nonton film ini. Gw janji bakal nonton film ini lagi. Malam minggu pun tiba, gw milih  menghabiskan malam dengan teman nonton film 5 CM yang bagi gw sudah kedua kalinya. Ada yang nanya ke gw "Apasih bagusnya tuh film sampai lo dua kali nonton?". Gw jawab yang ngebuat gw dan (yakin) banyak penonton lainnya juga yang nonton film ini berulang-ulang karena film ini punya "NYAWA"

Gw salut banget sama semua orang yang berkontibusi dalam proses creative film ini. Dari segi sinematografi mata ga berhenti dimanjain dengan pemandangan alami Semeru. Trully Indonesia, Wonderful. Dari segi script pendalaman karakter masing-masing bener sukses ngaduk perasaan penonton, semua rasa tersampaikan, kesan romantis, bahagia, haru, sedih. Komplit.

 Banyak banget adegan kocak dalam film ini yang buat satu studio meledak ketawa. Adegan “Angel” dan “Devil” Zafran yang berantem gara-gara ngebayangin G Stringnya Arinda, adegan Zafran yang lagi telponan sama Arinda, atau saat penonton menyemangati  Ian yang nenteng kardusan Indomienya berlari mengejar kereta, bukti bahwa penonton benar-benar menikmati apa yang disajikan. 

Adegan saat Ian, hampir meninggal di Semeru sukses bikin beberapa penonton menitikkan airmatanya. Sedih, Jelas!. Makhluk kocak yang keberadaannya dari awal sukses menghibur masa iyah meninggal. Dan bagi gw pribadi meskipun gw tahu kalau ujung-ujungnya Ian ga meninggal cuma pingsan doank juga sempat ikutan nangis. 

Selanjutnya adegan 4 orang anak manusia yang mencoba jujur kepada hati masing-masing,  Genta nembak Riani dan harus rela nerima pengakuan Riani, kemudian dari dalam tenda Zafran dan Arinda ngedenger bener-bener mancing emosi haru penonton. Adegan yang ga terlalu dijelasin dalam novel tapi dalam film sukses bikin penonton yang semula ngeciyeh-ciyehin genta jadi diam, adegan yang menurut gw pribadi lumayan ngjleb.

Dan adegan lain yang gw suka adalah pagi terakhir di Ranu Kumbolo waktu Riani berdiri berdua bareng Zafran “Juple”. Gilaaaaaaaa Junot benar-benar menghayati perannya, tatapan matanya ke Riani mengandung sejuta makna yang sukses nyampe ke penonton yang mulai memenuhi studio dengan teriakan ciyeh-ciyeh dan tepuk tangan. 

Ga sampai disitu, film ini memberikan sedikit kejutan, gw yang waktu ngebaca novelnya masih memiliki tanda tanya besar “Apakah yang dinikahi Ian adalah Happy Salma beneran atau nama aja yang sama?” terjawab dalam film ini. Yap di film ini endingnya Ian gendut berhasil ngejadiin Happy Salma bininya. Adegan lain yang bikin gw surprise ternyata endingnya Genta malah bareng Arinda. 

KEREN. Satu kata itu buat seluruh pemainnya yang sudah total dalam memerankan perannya masing-masing. Semua pemerannya pas banget. Gw awalnya yang tahu kalau Ko Densu yang main nih film juga emang nunggu-nunggu aktingnya. Secara dia kan salah satu atlet basket favorit gw dari jaman SMP. Aktingnya bagus banget untuk pemula, ga ada kesan kaku. 

Tapi, setiap hal pasti punya kekurangan. Ada beberapa adegan yang sebenarnya banyak diharapkan pecinta novel 5 CM muncul dalam film ini, misalnya adegan di stasiun saat ketemu dengan Mbo’ Penjual nasi, adegan waktu Ian ketemu sama alm. Adrian saat mencapai puncak Semeru. 

Tapi menurut gw jangan pernah kita ngebandingi film yang diangkat dari best seller. Gw juga yakin mas donny pasti kelimpungan milih bagian mana aja dari novel yang bisa dituangkan dalam adegan visual.
Dua kali nonton. Setiap akhir film penonton selalu tepuk tangan dan saat lampu studio dinyalakan terpancar bias puas dan bahagia dari wajah-wajah kami. Penonton 5 CM.  Well sekali lagi gw harus bilang WOW THIS IS A AWESOME MOVIE I EVER SEE.

Thanks karena setelah sekian lama adalagi film Indonesia yang berkualitas. :D
Dan inilah teman-teman SGmks07

2 komentar:

  1. Baca tuLisanmu jadi tambah pengeeennnnnn bgt nonton.. Hiks,,hiks,,hiks....



    Alia..

    BalasHapus
  2. hahahahaha, cup cup cupp tunggu d tv saja sayang. oh iyah Ainun-Habibie juga best lah filmnya

    BalasHapus