Rabu, 31 Oktober 2012

__-- Gw & Kawat Gigi --__

Kawat gigi atau yang ngetrend dengan istilah behel, saat ini ga hanya jadi media kesehatan untuk memperbaiki kesehatan gigi tapi juga menjadi atribut fashion yang digandrungi remaja. Gw juga salah satu pengguna kawat gigi, sayangnya gw masuk dalam golongan pemakai kawat gigi karena memang harus merapikan gigi depan yang udah balapan ga beraturan.

Sejak gigi atas bagian depan gw numbuhnya ngasal, ibu sudah maksa-maksa supaya gw mau masang behel, tapi gw ga pernah mau. Toh selama ini gw pede-pede aja. Sampai akhirnya masuk kuliah gw mulai jadi anak alay banci tampil depan kamera, dimana saat moto-moto bareng  teman ga mungkin donk gaya gw harus manyunin bibir mulu. Tapi mau senyum riish sama gigi, pun mau ketawa agak-agak ga enak aja dengan bentuk anatomi gigi gw. Seolah kepedean gw bertahun-tahun yang lampau lenyap. Dan wolllahhhh memutuskan pakai behel adalah solusi yang tepat. Apalagi saat itu ada mahasiswa kedokteran gigi nyari pasien yang giginya mau diobrak-abrik tanpa membayar hahaha.

Awalnya gw mikir gampanglah prosedur pemasangan behel, taunya gw melewati proses yang panjang. Anatomi gigi gw yang benar-benar hancur yang jadi masalah utamanya. Gigi atas dan gigi bawah gw, ga ada yang rapi, ditambah lagi gw punya lubang di gigi dengan saluran akar yang bagus tapi mahkotanya sudah hilang setengah.

Nah 2 tahun yang lalu gw mulai proses perawatan gigi dimana sampai akhir proses gw merasa jadi piala bergilir dari satu coass ke coass yang lain untuk setiap prosesnya.  Terhitung sampai akhir ada 8 coass yang menangani gigi gw dan berikut proses perawatannya,
  • Scaling
Dimulai dengan scaling gigi gw dulu, ngebersihin dari karang-karang gigi biar kelihatan kinclong, putih bersinar.  Proses ini cuma sejam dan sama sekali ga nyiksa. 
  • Perawatan akar gigi
Kata Kak Mughny , Coass gigi yang menangani gw, akar gigi gw masih bagus jadi sayang kalau mau dicabut. Proses ini butuh waktu yang lama dengan tingkat kesakitan level maksimal. Entah ada berapa kali kunjungan yang telah gw lakukan dan di setiap kunjungan akar dan syaraf gigi gw di stimulasi dengan berbagai jenis jarum. Ga cuma itu, kadang jarum-jarumnya masih ditaruh di gigi gw, tapi gw juga harus ngelakuin foto rontgen dimana gw harus mangap dan jangan sampai liur gw ngeces. Ga sekali tapi berkali-kali. BAYANGKAN betapa sakitnya. Tapi dasar gw pingin gigi bagus, gw lanjutkan saja meskipun sering kali gw udah mau nangis saking sakitnya :D 
  • Filling
Selanjutnya filling (penambalan gigi) dengan media yang terbuat dari logam tahan panas. Prosesnya ga nyiksa, tapi gw juga harus ngelakuin kunjungan berulang-ulang kali untuk ngebersihin saluran akar gw. Setelah saluran akar gw steril baru deh tambalan yang udah dicetak, dipasang di gigi gw.
  • Exo
Ada 3 gigi gw yang diexo (cabut) dan semuanya bukan gigi yang bermasalah. Sayang deh padahal sebenarnya ada satu gigi gw yang baru mau numbuh, tapi kata kak mughny gigi yang numbuh itu ga usah dicabut karena bentuk mahkotanya utuh. Dan yep lagi-lagi gw Cuma ngikut aja. Perata dan kedua kali gigi gw dicabut ga ada masalah, toh prosesnya juga cepat, gw ga merasa sakit karena suntikan anastesinya baik. Masalah baru muncul di exo yang ketiga, setelah d exo gw malah bleeding sampai gw lemas dan benar-benar puyeng,  gw juga mikir suntikaan anastesinya mungkin dosisnya berlebih karena gw ngerasa bibir gw miring, gw ngomong agak susah. Tapi syukurnya ga lama gw udah berhenti bleeding dan mulut gw kembali normal. Alhamdulillah :D

  • Pemasangan behel
Prosesnya lumayan ribet dan bikin mulut pegal. Pertama-tama gigi gw dibuat cetakannya pake lilin khusus yang ada rasa-rasa mintnya :) . Kadang hasil cetakanya pecah jadi harus dibuat lagi dan karena gw bakalan pakai kawat gigi atas bawah jadilah gw mangap berkali-kali. Setelah cetakan jadi, dibuat deh kawat giginya sesuai anatomi gigi gw. 

Awal- awal gw pakai behel benar-benar susah beradaptasi untuk makan, makanan sering nyangkut di kawat. Karena kawat gigi gw beneran kawat bukan bracket dengan manik-manik yang cantik jadi jauh lebih ribet. Belum lagi gw makin sering sariawan, gusi juga sering lecet. Ditambah sejumlah aturan yang mengikuti, jangan makan-makan yang panas atau yang dingin. Gw yang tadinya suka makan mendadak jadi mikir dua kali kalau harus makan.

Setelah setahun gw pakai kawat gigi, akhirnya gw memutuskan pensiun pakai kawat gigi, biarin aja deh gigi gw majuan dikit, biarin aja gigi gw ada 3 jendelanya. Biarin biarin biarin :| . Gw lebih memilih pensiun pakai kawat gigi daripada menyia-nyiakan makan :) :) :)

inilah gigi depan yang maju & kawat gigi yang tipis

 setelah 6 bulan gigi atas msih sama, gigi bawah udah rapihan dikit

 Dan inilah kawat gigi yang menyiksa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar