Minggu, 20 Mei 2012

Larangan Meniup Makanan dan Minuman Yang Masih Panas

Sekarang gw lagi sama teman2 dalam kondisi begadang nunggu pertandingn Liga Champion nih antara Chelsea vs Munchen :D . Sambil begadang gw sama yang lain milih ngemil, indomie, ada juga yang nyeduh teh :D . Saat minum ada teman gw yang niup2 dulu minumannya yang panas. Sebagai orang kesehatan gw tegurlah dia, otomatis dia nanya balik, "kenapa tidak boleh ditiup, Aryo?" . Gw jawab dah. Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa makanan dan minuman yang panas dan hendak lu makan ga boleh ditiup, jawabannya skalian gw share nih sm lu semua

Dalam Islam ada beberapa hadis yang menjelaskan soal adab makan dan minum, salah satunya
dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Al-Tirmidzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, dan hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).

Sementara itu, ditinjau dari segi kesehatan, meniup makanan atau minuman yang masih panas ternyata dapat beresiko terhadap kesehatan kita, karena makanan dan minuman yang panas akan mengeluarkan uap air (H2O). Jika lu meniupnya, maka lu akan mengeluarkan gas CO2 dari dalam mulut. Jika uap air dan karbondioksida bertemu, maka akan membentuk senyawa asam karbonat / H2CO3 (carbonic acid).

Senyawa H2CO3 adalah senyawa asam yang lemah sehingga efek terhadap tubuh memang kurang berpengaruh. Tapi kan ada pepatah "Ala bisa karena biasa", "Sedikit demi sedkit lama- lama jadi bukit". Nah karena kebiasaan lu meniup makanan atau minuman yang panas buat dimakan, lama- lama zat asam yang masuk ke dalam tubuh lu jadi membahayakan kesehatan lu sendiri.

Jadi ada baiknya nunggu makanan atau minuman jadi hangat dulu baru dimakan :D

#ohh iyah selamat menikmati siaran pertandingan Liga Championnya \(*_*)/

3 komentar:

  1. gan, agan kan orang kesehatan nih, ada gak penelitian ilmiahnya yang nunjukin CO2 yang dihembuskan bakal bersenyawa sama air/makanan itu. keliling jagad gogel kaga ketemu. pencerahan ditunggu ye gan :D

    BalasHapus
  2. Saya juga orang kesehatan. Hadis yang satu masuk akal, CO2 akan berbalik masuk paru2 dan itu berbahaya. Yang satu gak masuk akal karena ga ada rumusnya pasti akan terjadi. Anda jangan berpegang pada hadis yang ga jelas tingkat Kesahihannya.

    BalasHapus